Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Tuesday, July 6, 2010

Nokia MeeGo Akan Dirilis Bulan Oktober 2010


Intel dan Nokia tekah merilis kode sumber (source kode) untuk sistem operasi MeeGo mobile bagi para pengembang aplikasi

Hari ini, Intel telah mengumumkan bahwa inti dari kode sumber untuk sistem operasi MeeGo kini telah tersedia untuk para pengembang aplikasi, mereka juga telah mengumumkan bahwa aplikasi yang dikembangkan dijadwalkan untuk siap dirilis pada bulan Oktober 2010 nanti.

MeeGo merupakan sistem operasi mobile berbasis Linux dengan asa open souce yang dikembangkan oleh pembuat chip komputer Intel dan Nokia. Proyek ini pertama kali diumumkan di Mobile World Congress 2010 pada bulan Februari lalu, system aplikasi ini akan menggabungkan platform Intel Moblin dan Nokia Maemo menjadi sistem operasi mobile baru.

Sumber kode inti OS tekah dibuat dan mulai tersedia sejak bulan Maret untuk memulai pembangunan terhadap MeeGo 1,0. Saat ini, source code baseline untuk handset sedang dibuat agar tersedia bagi pengembangan yang akan dikembangkan sebagai MeeGo 1.1 untuk dirilis pada bulan Oktober.

Tim MeeGo UI telah menciptakan interface dengan memberikan pengalaman baru bagi penggunadan sedang mempersiapkan prinsip-prinsip desain MeeGo UI dan pedoman interaksi. Proyek ini menandai selesainya penggabungan Moblin dan Maemo sebagai keputusan arsitektur utama dan pilihan teknis yang telah ditentukan.

Awal pekan ini, Nokia mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan sistem Symbian dan beralih ke MeeGo pada perangkat high-end seri N. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Nokia untuk merebut kembali posisinya di segmen pasar smartphone hig-end, yang umumnya telah didominasi oleh perusahaan lain seperti Apple, RIM dan HTC.

No comments:

Post a Comment