Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Monday, February 14, 2011

Nokia Resmi Mengadopsi OS Windows Phone 7


Nokia telah resmi mengadopsi OS Windows Phone 7 dari Microsoft. Vendor asal Finlandia ini ternyata akan menjadikan WP 7 sebagai software primer atau utama dalam produk-produk smartphonenya.

Sedangkan platform kesayangannya, Symbian akan menjadi "franchise platform" dan Meego sebagai platform Open Source ternyata masih digunakan di ponsel-ponsel Nokia selanjutnya yang diharapkan diluncurkan pada tahun 2011 ini juga. Sepertinya, Nokia coba tetap menjaga loyalitas pengguna Symbian, namun di sisi lain berupaya mengarahkan mereka ke platform ponsel berbasis WP 7.

WP 7 dipuji beberapa pihak sebagai OS yang bagus meski belum mendapat tanggapan yang cukup besar dari konsumen.

"Dengan Nokia merencanakan Windows Phone sebagai platform smartphone utama, Symbian akan menjadi platform franchise. Strategi ini untuk mempertahankan dan mentransisi basis 200 juta pemilik Symbian. Nokia berharap untuk menjual sekitar 150 juta lagi handset Symbian di tahun-tahun mendatang," demikian pernyataan Nokia.

Dalam kesepakatannya dengan Microsoft, selain mengadopsi WP7, Nokia juga akan mengadopsi peta Bing, serta Ovi Store yang akan diintegrasikan dengan Windows Marketplace.

Di samping mengumumkan persekutuan dengan Microsoft ini, Nokia memastikan akan tetap mengandalkan jajaran manajemennya yang lama, dengan hanya seorang eksekutif akan pergi. Sebelumnya sempat ada kabar bahwa Nokia bakal merombak jajaran petingginya.

No comments:

Post a Comment