Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Tuesday, May 4, 2010

Nokia Umumkan N8, Penantang iPhone dan BlackBerry


Nokia akhirnya resmi mengakui eksistensi smartphone terbarunya, Nokia N8. Mereka mengumumkan handset pertama berbasis Symbian 3 ini akan dipasarkan di kuartal 3 2010 dengan harga berkisar US$ 492

Bentuk dan teknologinya yang menyerupai iPhone 3GS, membuat analis yakin Nokia N8 memang ditujukan head to head melawan iPhone. Selain itu juga untuk membendung BlackBerry yang terus menggerogoti pangsa pasar smartphone Nokia.

"OS Symbian 3 memang hanya evolusi bukan revolusi, namun N8 berpotensi menjadi langkah pertama dalam upaya membuat ponsel high end Nokia dipercaya kembali," ucap Ben Wood, analis di CCS Insight dikutip dari Reuters.

Symbian 3 adalah edisi terbaru sistem operasi Nokia. Fitur barunya antara lain multi-touch, flick scrolling, dan zoom dengan cubitan jari. OS ini memiliki arsitektur grafis 2D dan 3D baru sehingga diklaim navigasinya lebih cepat dan responsif.

Nokia N8 sendiri memang layak jadi senjata andalan Nokia, antara lain berkat keunggulan kamera 12 megapiksel dengan Xenon flash dan kemampuan merekam video HD. Ponsel ini juga memudahkan akses pada situs jejaring yang sedang ngetren serta memiliki fasilitas Ovi Maps gratis.

Fitur high end dibenamkan di N8 mengingat handset ini bertarung dengan rival papan atas. Audio handset dibekali teknologi Dolby Digital Plus. Fitur lain misalnya layar AMOLED 3,5 Inch jenis kapasitif, 16GB memori internal, Wi Fi, Bluetooth 2.1, 256MB RAM dan 512MB ROM.

Ponsel ini juga menjadi handset pertama Nokia yang dilengkapi software Qt untuk para developer aplikasi. Software ini diklaim lebih memudahkan pengembang membuat aplikasi di Symbian dan platform lainnya.

No comments:

Post a Comment