Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Friday, March 12, 2010

Pilih Operator layanan BlackBerry sesuai kebutuhan


SAAT ini, ada enam operator penyedia layanan BlackBerry (BB) di Indonesia. Baik dalam bentuk GSM maupun CDMA. Pilihan konsumen pun semakin bervariasi. Ada Axis, Indosat, Smart Telecom, Telkomsel, Tri, serta XL Axiata. Smart merupakan operator CDMA pertama di tanah air, sementara Indosat menjadi penyedia layanan BB untuk GSM dan CDMA sekaligus.

Mana yang hendak dipilih? Triknya, pilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Pelanggan juga harus memperhatikan coverage jaringan operator yang dipilih serta infrastruktur pendukung. Sebab, layanan BB merupakan kerja sama operator yang bersangkutan dengan Research in Motion (RIM), vendor smartphone tersebut. Layanan yang diberikan setiap operator umumnya dibagi berdasar paket. Misalnya, harian, mingguan, dan bulanan. Masing-masing tarifnya juga berbeda.

Tri, operator GSM milik PT Hutchison CP Telecommunication, yang merupakan pemain paling anyar menyediakan tiga pilihan paket berlangganan. Mulai paket bulanan, paket mingguan, hingga paket harian.

Untuk mengaktifkan layanan itu, pelanggan hanya perlu melakukan SMS bebas biaya dengan kode pilihan paket. Layanan full BlackBerry Internet Service (BIS) unlimited tersebut bisa digunakan untuk browsing, push e-mail hingga 10 akun, BlackBerry Messenger termasuk instant messenger (IM) lainnya, serta akses ke situs jejaring sosial. "Sampai saat ini, kami memberikan layanan yang paling terjangkau," klaim Manjot Mann, presiden direktur Tri.

Layanan berdasar waktu juga dilakukan Axis. Mereka memiliki paket Axis Worry Free BlackBerry yang terdiri atas paket Friends, paket Mail, serta paket Unlimited. Ketiganya terbagi dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan. Aktivasi layanan dilakukan lewat SMS dengan ketentuan bahwa paket akan diperbarui secara otomatis, biaya berlangganan akan dipotong dari pulsa pelanggan, dan paket akan dihentikan secara otomatis jika tidak memiliki pulsa yang cukup.

Pilihan paket Axis lebih terfokus. Misalnya, jika pelanggan sekadar melakukan aktivitas social networking dan chatting, mereka bisa memilih paket Friend. Jika hanya perlu e-mail dan chatting, pilih paket Mail. Namun, bila ingin lebih bebas, pilih paket unlimited yang bisa diakses melalui APN BlackBerry.net.

Terkait dengan handheld, operator telekomunikasi menyediakan BB dengan garansi resmi. Meski demikian, tak dimungkiri bahwa sebagian besar pengguna BB di Indonesia masih menggunakan handheld non-official. Alasannya, harganya lebih terjangkau. Bagi konsumen yang memilih handheld non-official, perlu diperhatikan garansi dan pusat layanan servisnya serta kemungkinan terjadinya PIN cloning yang akan merugikan konsumen. PIN cloning membuat handheld tidak bisa digunakan untuk layanan BB.

No comments:

Post a Comment